- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Salah satu pendidikan vokasi (D-III) Universtas Muhammadiyah Makassar yaitu Program Studi Perpajakan (D-III) yang bernaung di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Studi Tersebut berdiri pada tanggal 20 januari 2016, dengan Nomor SK Penyelenggaraan : 21/KPT/I/2016 untuk menyelenggarakan Program Studi Perpajakan program pendidikan vokasi pada Universitas Muhammadiyah Makassar
Program Studi Perpajakan (D-III) bernaung dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, berdiri sejak Tahun 2016. Dalam perjalanannya telah terjadi perubahan kurikulum berbasis KKNI pada tahun 2017 tepatnya di Hotel Ibis Makassar pada tanggal 25-26 Agustus 2017. Kemudian telah terjadi perubahan kurikulum berbasis KKNI pada tanggal 1-2 Mei 2021 tepatnya di Hotel Arthama Makassar
Selain perubahan kurikulum pada tahun 2017 diatas, prodi perpajakan (D-III) melakukan perubahan visi misi pada bulan Desember tahun 2017. bukan hanya sekedar perubahan visi misi, melainkan perubahan yang bersifat menyeluruh meliputi perubahan kurikulum berbasis KKNI, juga perubahan visi, misi dan tujuan prodi perpajakan (D-III).
Program studi ini menawarkan pengetahuan yang komprehensif untuk mencetak mahasiswa yang siap kerja di level operasional di bidang perpajakan, baik pada perusahaan swasta maupun perusahaan sektor publik (pemerintahan).
Menjadikan Program Studi Perpajakan sebagai Pendidikan Vokasi yang unggul, terpercaya, profesional, dan terampil yang berorientasi pada praktik dalam bidang perpajakan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman pada tahun 2024.
No | Keunggulan | Indikator |
1 | Bidang Pendidikan | 1. Kurikulum berbasis profesi bidang perpajakan
2. Kurikulum mendukung terwujudnya lulusan konsultan pajak 3. Memiliki kurikulum berbasis KKNI yang siap kerja pada Instansi, lembaga swasta dan Jasa akuntan sebagai Tax Planner 4. Kurikulum menghasilkan tenaga mentor dan staff pengajar 5. Kurikulum menyesuaikan kebutuhan pasar melalui rancangan RPS |
2 | Bidang Praktik | 1. Memiliki Lab. Praktikum Perpajakan yang lengkap dan tenaga pengajar yang profesional
2. Program kunjungan dan perbandingan studi pada kantor pelayanan pajak (KPP) 3. Program magang plus 4. Menghasilkan output tenaga terampil dibidang perpajakan. |
3 | Bidang Keislaman | 1. Mahasiswa diwajibkan mengikuti mata kuliah Al Islam Kemuhammadiyahan mulai semester 1 sampai semester 6
2. Program wajib mengikuti Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah (GJDJ) 3. Program wajib Darul Arqam Dasar (DAD) 4. Program Tahsinul Qiraah bagi dosen |
4 | Bidang Penelitian dan Pengabdian | 1. Penelitian berbasis laboratorium Tax Center
2. Workshop proposal penelitian bidang perpajakan 3. Sosialisasi aturan perpajakan ter update melalui kerjasama kakanwil sulselbatra 4. Publikasi ilmiah melalui jurnal riset perpajakan (Amnesty) 5. Sosialisasi pemahaman Perpajakan kepada |
masyarakat ekonomi mikro, kecil dan menengah. | ||
No | Terpercaya | Indikator |
1 | Kepercayaan Pemerintah Terhadap Prodi | 1. Pemanfaatan dosen perpajakan dalam bermitra dengan kantor Direktorat Jendral Pajak
2. Pemberian Bantuan fasilitas ruang Tax Center ke prodi perpajakan 3. Pemberian bantuan sarana dan prasarana (peralatan dan buku) 4. MOU dengan instansi dan lembaga pemerintah 5. Kerjasama dengan dirjen pajak dalam pengembangan SDM pegawai pajak |
2 | Kepercayaan masyarakat kepada prodi | 1. Meningkatnya animo masyarakat terhadap prodi perpajakan melalui penerimaan mahasiswa baru
2. Meningkatnya permintaan konsultan perpajakan untuk pajak perorangan 3. Permintaan masyarakat bekerjasama menangani persoalan perpajakan dalam masyarakat |
No | Profesional | Indikator |
1 | Profesional Dosen dalam suatu pengajaran | 1. Meningkatkanya kualitas materi pengajaran
2. Meningkatnya sumber daya dosen dalam bidang keahlian tersebut 3. Meningkatnya penelitian pengembangan dan pemahaman di bidang perpajakan. |
No | Terampil | Indikator |
1 | Terampil dalam bidang praktik perpajakan | 1. Meningkatnya mahasiswa dalam menggunakan Lab. Praktikum Perpajakan
2. Menjadi pelatih/tentor dalam keterampilan pelayanan dan pengelolaan perpajakan |
2 | Terampil menguasai software bidang
perpajakan |
Meningkatnya mahasiswa dalam menguasai software perpajakan seperti¸ ZAHIR Accounting, e-BILLING, e-SPT,
e-FILING, dan e-Faktur |
Visi tersebut diatas diharapkan tercapai pada tahun 2024 dengan pertimbangan bahwa pada tahun 2016 – 2019 telah dilaksanakan. Visi ini akan dievaluasi dan harapannya pada tahap akhir periode tahun 2024 akan tercapai.
Misi Program Studi Perpajakan (D3) adalah sebagai berikut
Tujuan Program Studi Perpajakan (D3) adalah sebagai berikut :
No | SASARAN | TARGET | HASIL | STRATEGI | |||
2016-2020 | 2021-2024 | 2016 | 2017 | 2018 & 2019 | |||
1 | Dosen Program Studi dapat memiliki Pangkat | Penerapan Dosen dalam Memiliki kepangkatan | Penerapan Dosen dalam Memiliki | Dosen program studi perpajakan yang bergelar | Dosen program studi yang sementara | Dosen program studi yang sementara melanjutkan | 1) Memberikan dukungan kepada dosen
untuk |
Akademik Lektor dan Jenjang Pendidikan S3 serta memiliki profesi keahlian | akademik minimal lektor jenjang pendidikan S3 dan dosen tersertifikasi serta keahlian 25%-70% | kepangkatan akademik minimal lektor jenjang pendidikan S3
sebanyak dan dosen tersertifikas i keahlian sebanyak 75%-100% |
doktor sebanyak 1 orang = 16% / dan dosen yang memiliki keahlin profesi akuntan berjumlah 2
orang = 33% |
melanjutkan studi berjumlah 2
orang = 33% dan dosen yang memiliki keahlian akuntan berjumlah 3 orang = 50% |
studi berjumlah 2 orang = 33% dan dosen yang memiliki keahlian akuntan berjumlah 3
orang = 50% |
melakukan studi lanjut
2) Mengadakan kegiatan Training of Teacher (TOT) untuk memiliki keahlian tertentu |
|
2 | Mahasiswa dapat meningkatan Pemahaman dan Penguasaan dalam Materi Perkuliahan yang Berbasis Kurikulum utama, pendukung dan lainnya | Menerapkan Kurikulum pembelajaran yang berbasis utama sehingga mahasiswa memiliki kompetensi utama (25%-
70%) |
Menerapka n Kurikulum pembelajar an yang berbasis utama, sehingga mahasiswa memiliki kompetensi utama (75%-
100%) |
Peningkatan Kemampuan mahasiswa dalam memahami dasar-dasar perpajakan sesuai undang- undang berlaky | Kemampuan mahasiiswa dalam memahami secara mendalam | Kemampuan mahasiswa dalam menyusun Laporan Pajak masa dan tahunan sesuai undang-undang berlaku | 1) Kompetensi Utama:
Mendorong mahasiswa untuk memiliki kompetensi utama sebagai berikut : · Kemampuan Menyusun Laporan Pajak Masa dan Tahunan sesuai dengan Undang-undang · Kemampuan menyajikan informasi Perpajakan untuk kebutuhan internal perusahaan dan pihak eksternal · Kemampuan untuk melakukan perencanaan dan manajemen perpajakan |
Menerapkan Kurikulum pembelajaran yang berbasis pendukung, sehingga mahasiswa memiliki kompetensi pendukung (25%-70%) | Menerapka n Kurikulum pembelajar an yang berbasis pendukung sehingga mahasiswa memiliki kompetensi pendukung (75%-
100%) |
Memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam pengisian e-spt tahunan dalam mempunyai kemampuan dasar tentang pemanfaatan tekhnologi dibiidang
perpajakan |
Memberikan bimbingan konsultasi kepada mahasiswa dalam pengisian e-spt tahunan dalam meningkatkan dan mengembangk an kemampuan menggunakan
dan |
Memberikan bimbingan dan pelatihan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat laporan keuangan dan memeriksa laporan
keuangan |
2) Kompetensi Pendukung :
Mendorong mahasiswa untuk memiliki kompetensi pendukung sebagai berikut: · Kemampuan Memeriksa Laporan Keuangan Perusahaan · Kemampuan Memeriksa |
memanfaatkan tekhnologi dibiidang perpajakan | dengan menggunakan aplikasi zahir accounting | Laporan Pajak dan Retribusi Keuangan daerah
· Kemampuan Merancang Mekanisme Sistem Perpajakan berbasis Teknologi Informasi · Kemampuan menggunakan dan memanfaatkan tekhnologi dibiidang perpajakan, akuntansi dan bisnis khususnya e- billing, e-faktur dan e-filing · Memiliki sertifikasi konsultan pajak (Brevet A, B dan C). |
|||||
Menerapkan Kurikulum pembelajaran yang berbasis kompetensi lainnya sehingga mahasiswa memiliki kompetensi lainnya (25%-
70%) |
Menerapka n Kurikulum pembelajar an yang berbasis komptensi lainnya sehingga mahasiswa memiliki kompetensi lainnya (75%-
100%) |
Mahasiswa dilatih dalam berkomunikasi berbahasa inggris sesuai kehidupan sehari-hari | Mahasiswa mengikuti darul arqam dasar (DAD) untuk memperdalam mempelajari agama, dan meningkatkan nilai-nilai keislaman kemuhammadi yaahan | Mahasiswa dibimbing dan diberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi zahir accounting sehingga mahasiswa dapat meningkatkan penggunaan teknologi informasi | 3) Kompetensi Lainnya:
Mendorong mahasiswa untuk memiliki kompetensi lainnya sebagai berikut : · Mampu berkomunikasi dalam berbahasa Inggris · Penguasaan Teknologi Informasi · Memiliki integritas dan etika yang tinggi · Memiliki tanggungjawab dan kepekaan terhadap kepentingan publik dan sosial |
· Mampu memahami dan meningkatkan
nilai-nilai keislaman |
|||||||||||||
3 | Peningkatan | Penerapan | Penerapan | Memberikan | Memberikan | Memberikan | 1) Memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam pelatihan software bidang perpajakan
2) Mengadakan kegiatan workshop untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa |
||||||
Keterampilan | mahasiswa | mahasiswa | bimbingan dan | bimbingan dan | Bimbingan dan | ||||||||
Khusus | dalam | dalam | konsultasi | konsultasi | Pelatihan | ||||||||
Mahasiswa | menguasai lab | menguasai | dalam | serta workshop | Penggunaan | ||||||||
dalam Praktek | praktikum | lab | pengisian SPT | dalam | Software Zahir | ||||||||
dan Praktikum | perpajakan dan | praktikum | sehingga | pengisian SPT | Accounting | ||||||||
serta software | memiliki | perpajakan | mahasiswa | sehingga | sehingga | ||||||||
Bidang | keahlian dalam | dan | dapat | peningkatan | meningkatkan | ||||||||
Perpajakan | software | memiliki | pemahaman | mahasiswa | mahasiswa | ||||||||
perpajakan | keahlian | dalam | dalam praktek | dalam membuat | |||||||||
(25%-70%) | dalam | pengisian SPT | pengisian SPT | laporan | |||||||||
software | tahunan | tahunan | keuangan | ||||||||||
perpajakan | dengan cepat, | ||||||||||||
(70%- | tepat dan akurat | ||||||||||||
100%) | |||||||||||||
4 | Pencapaian
Indeks Prestasi Mahasiswa |
2,75
– 3,50 |
60% | ,7
5- ,5 |
40% | 50 | % | 60% | 70% | 1) Peningkatan
Kuantitas dan Kualitas selama proses perkuliahan 2) Mendorong Mahasiswa dalam belajar dan minat baca buku untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan |
|||
>3,5 | 40% | 0 | |||||||||||
0 | >3, | 60% | |||||||||||
50 | |||||||||||||
No | SASARAN | TARGET | HASIL | STRATEGI | |||
2016-2020 | 2021-2024 | 2016 | 2017 | 2018 & 2019 | |||
1 | Dosen dapat meningkatkan jumlah penelitian mandiri diluar pembiayaan DP2M /
DIKTI |
34 | 50 | 4 | 6 | 1 | Mendorong Dosen dalam melakukan kegiatan penelitian mandiri untuk meningkatkan wawasan |
2 | Dosen dapat meningkatkan jumlah penelitian yang
bersumber |
55 | 100 | 4 | 6 | 2 | Memberi dukungan kepada dosen dalam mengikuti program DP2M/ DIKTI |
pembiayaan Internal Kampus maupun DP2M /
DIKTI |
|||||||
3 | Mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan baik dan tepat waktu | 70% | 100% | – | – | – | · Membentuk kelompok studi untuk dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan
· Mengadakan kegiatan workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) · Melibatkan Mahasiswa dalam penelitian yang di lakukan oleh dosen |
No | SASARAN | TARGET | HASIL | STRATEGI | |||
2016-2020 | 2021-2024 | 2016 | 2017 | 2018 & 2019 | |||
1 | Peningkatan Jumlah Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang di lakukan oleh Dosen dengan Program Internal maupun
eksternal |
24 | 76 | 2 | 3 | 3 | Memberikan dukungan kepada dosen dalam melakukan pengabdian dengan pembiayaan dari internal (Fakultas) maupun eksternal (Dikti) |