- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar berdiri pada tahun 2015 sebagaimana surat keputusan Dirjen Tinggi No. 38/M/Kp/III/2015 Tanggal 20 Maret 2015.
Program studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dipimpin oleh dosen Tetap Yayasan (Persyarikatan) yang memiliki pengalaman kepemimpinan struktural internal Fakultas Keguruan dalan Ilmu Pendidikan Univeritas Muhammadiyah Makassar. Kualifikasi jenjang pendidikan dosen pendidikan guru pendidikan anak usia dini rata-rata berpendidikan S.2. Jumlah dosen yang berstatus S.2 dan berhomebased pada prodi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini berjumlah 7 magister dalam bidang keilmuan PAUD.
Menjadi program studi yang unggul dalam mengembangkan dan menghasilkan tenaga pendidikan (guru) dan Peneliti professional di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini yang bernafaskan nilai-nilai Islam pada tahun 2024.
Program Studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Muhammadiyah Makassar adalah sebagai berikut:
Sesuai dengan Visi dan Misi Program Studi, maka tujuan prodi Pendidikan Guru PAUD Universitaas Muhammadiyah Makassar adalah sebagai berikut:
Sasaran Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) adalah:
Capaian Pembelajaran Prodi | Capaian Pembelajaran Perkuliahan
(Course Learning Outcomes–CLO) Tercantum Pada RPS Mata Kuliah |
|
Calon Pendidik PAUD (Sarjana PAUD
|
1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
2. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEK pada bidangnya yang berlandaskan karakter diri dan memupuk jiwa interpreneurship dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. |
1.1 Menguasai konsep teoritis pedagogi dan aspek perkembangan AUD: Aspek Nilai Moral Agama, Bahasa, Kognitif, Fisik Motorik, Sosial Emosional dan Seni
1.2 Menguasai konsep pengetahuan , prinsip, dan aplikasi PAUD berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (lifeskill) 1.3 Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan melakukan asesmen perkembangan anak usia dini, yang berorientasi pada kecakapan hidup (lifeskill) yang Islami dan nilai-nilai kemuhammadiyahan 1.4 Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran AUD melalui pendekatan saintifik. 1.5 Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, strategi pembelajaran, media pembelajaran berbasis IPTEK serta menunjukkan sikap bertanggung jawab secara mandiri pada tugasnya 1.6 Menguasai pengelolaan lembaga PAUD secara kreatif, inovatif dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional |
Pengelola PAUD | 1. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
2. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi |
2.1 Menguasai dasar-dasar teori manajemen untuk merencanakan, menerapkan, mengelola, memecahkan masalah organisasi, serta tata kelola di PAUD
2.2 Mampu memecahkan permasalahan kelembagaan / PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan yang berorientasi nilai-nilai Islami, logis dan komperehensif, kreatif dan inovatif. 2.3 Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan PAUD (mampu melakukan supervisi di PAUD dan mengembangkan bentuk kerjasama dengan stakeholder) 2.4 Memiliki jiwa kepemimpinan |
Menjadi wirausaha | Memiliki jiwa kepemimpinan dan enterpreunership dan dapat mengembangkan usaha-usaha yang berhubungan dengan bidang anak usia dini | 3.1 Memiliki jiwa kepemimpinan dan enterpreunership
3.2 Mengembangkan usaha-usaha yang berhubungan dengan bidang anak usia dini |
Peneliti kePAUDan | 1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEK pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
4.1 Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD
4.2 Mampu merencanakan, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang PAUD |