- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan pada tanggal 22 Mei 1986 bersamaan dengan SK Dirjen Pendidikan Tinggi : 032/0/1986, dan telah diterbitkan perpanjangan ijin Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi No: 1713/D/T/K-IX/2009. Melalui pembenahan yang berkesinambungan oleh segenap civitas akdemika, maka pada pelaksanaan akreditasi untuk tahun akademi 2005/2006 progran studi pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia memperoleh nilai B berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 007/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2006 Tanggal 29 Juni 2006 dan tahun 2012 juga memperoleh akreditasi B berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Terakreditasi No: 022/BAN-PT/Ak-XV/S1/VII/2012 tertanggal 27 Juli 2012 sampai dengan 27 Juli 2017. Tahun 2017 memperoleh Akreditasi A berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi keputusan BAN-PT No: 3211/SK/BAN -PT/ Akred/S/IX/2017 sejak tanggal 5 September 2017 sampai dengan 5 September 2022.
“Visi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar tahun 2024 menjadi program Studi terpercaya dan berkarakter Islami dalam menghasilkan tenaga pendidik pemula, peneliti pemula, penulis kreatif, Pranatacara, dan mengembangkan wirausaha Bahasa dan Sastra bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia”
Berdasarkan Visi tersebut, maka Misi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar adalah sebagai berikut:
Menjalin jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, pemerintah kabupaten/ kota, baik lokal, regional, nasional, maupun internasional dalam rangka mengembangakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Berdasarkan Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi, maka sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar, untuk periode (2012-2024) menitikberatkan pada:(1) pengembangan kelembagaan, (2) sumber daya manusia, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sarana-prasarana, (5) penelitian dan pengabdian masyarakat, dan (6) kerjasama.
Terwujudnya kerjasama dengan institusi nasional dan luar negeri dalam rangka pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, baik institusi pendidikan seperti Perguruan Tinggi, maupun lembaga pemerintah, dinas, industri, dan organisasi non-pemerintah.
SIKAP DAN TATA NILAI | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab kepada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, temuan orisinal orang lain; |
S6 | Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan; |
S10 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri; |
S11 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. |
KETERAMPILAN UMUM | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; unjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU5 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU6 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang di tugaskan kepada pekerja yang berada di dalam tanggung jawabnya; |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KETERAMPILAN KHUSUS | |
KK1 | Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/ umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah; |
KK2 | Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengapreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulisan; |
KK3 | Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; |
KK4 | Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi; dan |
KK5 | Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya. |
PENGUASAAN PENGETAHUAN | |
PP1 | Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra; |
PP2 | Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan; |
PP3 | Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia. |
PP4 | Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. |
PP5 | Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra; |
PP6 | Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya. |
PP7 | Mampu menguasai nilai-nilai keislaman dalam pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama. |
PP8 | Menguasai Al Islam dan Kemuhaammadiyahan sebagai nilai – nilai dasar dalam kehidupan. |
PP9 | Menguasai metodologi dan konsep – konsep bahasa dan sastra yang terkait dengan nilai – nilai Ke-Islaman. |