- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Program studi Pendidikan Bahasa Arab merupakan salah satu program studi jenjang sarjana (S1) yang berada di bawah naungan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. Berdiri sejak tahun 2009 dengan nomor SK pembukaan Program Studi yaitu Dj.I/614/2009 pada tanggal 22 Oktober 2009.
“Menjadi Program Studi yang Unggul dan Kompetitif serta menjadi salah satu pusat pengembangan Bahasa Arab di tahun 2024”
Capaian pembelaaran Program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar terdiri dari empat yaitu Sikap, Keterampilan Umum, Pengetahuan dan Keterampilan khusus:
1. Capaian Pembelajaran Sikap (S) | ||
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius | |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama moral dan etika | |
S3 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. | |
S6 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila | |
S7 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |
S8 | Taat Hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | |
S9 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan | |
S10 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |
S11 | Menginternalisasi wawasan dan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan | |
Capaian Pembelajaran Pengetahuan (P) | ||
P1 | Mengetahui pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil’alamin | |
P2 | Menguasai teori belajar dan pembelajaran Bahasa Arab | |
P3 | Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/attau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Arab | |
P4 | Mengembangkan kurikulum untuk mata pelajaran bahasa Arab sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat stauan pendidikan | |
P5 | Mampu menguasai konsep-konsep teoretis ilmu bahasa secara umum ataupun dalam kaitannya dengan ilmu bahasa Arab utamanya konsep-konsep linguistik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik melalui pembelajaran berbasis pada mahasiswa | |
P6 | Mampu menguasai konsep-konsep teoretis kesusastraan Arab dan menikmati karya sastra Arab, dan menguasai dasar-dasar kebudayaan Arab secara umum | |
P7 | Mampu menguasai konsep-konsep teoretis ilmu kebahasaan Arab secara mendalam utamanya gramatika (Nahwu-Sharaf) dan sistem tulisan (Khat-Imla) | |
P8 | Mampu menguasai konsep-konsep teoretis ilmu kebahasaan Arab secara mendalam utamanya gramatika (Nahwu-Sharaf) dan sistem tulisan (Khat-Imla) | |
P9 | Mampu menguasai konsep-konsep teoritis tentang perencanaan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing yang mencakup: kurikulum, Silabus, dan RPP melalui pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. | |
P10 | Mampu menguasai konsep-konsep teoretis pengelolaan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing mencakup: pengelolaan kelas, model pembelajaran (individual kelompok dan klasikal) melalui pembelajaran berpusat pada mahasiswa | |
P11 | Mampu menguasai konsep-konsep teoretis salah satu keahlian tambahan bahasa Arab, yaitu, misalnya: a) kaligrafi b) penerjemahan, c) PAIGAMASY (Pendidikan Agama Islam untuk keluarga dan masyarakat) d) BAUNA (bahasa Arab untuk anak) dan e) TIKARA (teknologi informasi dan komunikasi Arab) | |
P12 | Mampu memformulasikan penyelesaian suatu masalah bidang pendidikan bahasa Arab berbentuk laporan penelitian berbasis kelas. | |
P13 | Mampu memformulasikan penyelesaian suatu masalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan bahasa Arab berbentuk laporan penelitian kebahasaan Arab. | |
P14 | Mampu memformulasikan penyelesaian suatu masalah bidang kewirausahaan berbasis keahlian bahasa Arab dalam bentuk laporan penelitian. | |
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum (KU) | ||
KU1 | mampu menerapkan pemikiran logis kritis sistematis dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya | |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja Mandiri bermutu dan terukur | |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah tata cara dan etika ilmiah dalam rangka Menghasilkan solusi gagasan desain atau kritik seni menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data | |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing kolega sejawat baik didalam maupun diluar lembaganya | |
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya | |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap Kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri | |
KU9 | Mampu mendokumentasikan menyimpan mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan menjaga plagiasi | |
KU10 | Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok | |
KU11 | Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi | |
KU12 | Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja. | |
Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus (KK) | ||
KK1 | Mampu berbahasa Arab lisan tingkat lanjut baik reseptif maupun produktif dalam bentuk komunikasi dengan penutur asli, memahami isi berita radio/TV, presentasi satu arah, dan multi arah Melalui pembelajaran berbasis tugas, proyek dan simulasi. | |
KK2 | Mampu berbahasa Arab tulis tingkat lanjut secara reseptif dalam bentuk memahami referensi ilmiah dan populer kebahasaan, kesusastraan, kependidikan dan secara produktif dalam bentuk menulis surat resmi dan karya ilmiah | |
KK3 | Mampu menyusun perencanaan dan perangkat pembelajaran bahasa Arab di sekolah atau Madrasah memecahkan masalah yang timbul serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi Sesuai dengan perkembangan IPTEKS | |
KK4 | Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa Arab di sekolah/Madrasah, memecahkan masalah yang timbul, serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS mutakhir. | |
KK5 | Mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, memecahkan masalah, dan beradaptasi terhadap situasi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS | |
KK6 | Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bahasa Arab di sekolah/madrasah | |
KK7 | Mampu mengaplikasikan keahlian tambahan sebagai praktisi/wirausahawan yang berbasis pada keahlian berbahasa Arab misalnya praktisi kaligrafi, penerjemah komputer-internet dan pendidikan masyarakat. |