- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Program studi Magister Manajemen merupakan salah satu dari delapan program studi dibawah naungan program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar yang didirikan pada bulan 12 Februari 2006. Dengan SK Pendirian Nomor: 809/D/T/2006. Dalam perkembangannya Program studi Magister Manajemen pada proses akreditasi pertama memperoleh nilai akreditasi C, kemudian pada tahun 2015 diadakan lagi akreditasi dengan memperoleh akreditasi B dengan nilai 305, dan pada akreditasi tahun 2020 memperoleh akreditasi “A” dengan nilai 364 dari BAN-PT berdasarkan Surat Keputusan No. 7088/SK/BAN- PT/Akred/M/XI/2020. Prodi Magister Manajemen saat ini membina 170 mahasiswa aktif dengan jumlah dosen sebanyak 8 orang, 100% kualifikasi S3, 2 orang Guru Besar, 1 orang LK, dan 5 orang Lektor.
Program studi Magister Manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan menawarkan 4 program peminatan bagi mahasiswa, yaitu: 1). Manajemen SDM, 2). Manajemen Keuangan, 3) Manajemen Pemasaran, dan 4) Manajemen e-Bisnis. Sehingga untuk meningkatkan mutu input-proses-output, setiap 2-3 tahun dilakukan peninjauan kurikulum untuk menyesuaikan perkembangan IPTEK dan lingkungan pasar kerja. Dalam proses pembelajaran program studi Magister Manajemen juga senantiasa melakukan workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk menyesuaikan materi dengan perkembangan teknologi informasi dan lingkungan kerja.
Upaya pengembangan program studi Magister Manajemen terus dilakukan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui pola kemitraan atau kerjasama dengan berbagai instansi baik dalam negeri maupun luar negeri guna menunjang pencapaian visi. Perencanaan kedepan prodi Magister Manajemen akan menuju akreditasi Internasional. Informasi seputar aktivitas Prodi dapat diakses di: https://youtube.com/channel/UCXdJy- ycko5gyU6w5S0xacA
Menjadi Barometer Pengembangan Manajer Profesional, Unggul, dan Mandiri pada Tahun 2024
Program studi Magister Manajemen telah merumuskan visi sampai tahun 2024, Sehingga dalam mewujudkan visi untukmenghasilkan manajer yang profesional, unggul, dan mandiri pada tahun 2024”, maka visi tersebut perlu dijabarkan secara operasional dalam perumusan misi. Adapun misi program studi Magister Manajemen sebagai berikut:
Perumusan misi program studi Magister Manajemen Universitas MuhammadiyahMakassar mengacu padavisi yang terjabarkan dalam upaya pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi, yang dapat dijelaskana sebagai berikut:
Merujuk pada visi dan misi program studi Magister Manajemen yang terimplementasi dalam pelaksanaan caturdharma Perguruan Tinggi, maka tujuan program studi Magister Manajemen dapat dirumuskan sebagai berikut:
Rumusan sasaran program studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar, merujuk pada Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Induk Pengembangan (RIP) yang diselaraskan dengan pencapaian visi, misi, dan tujuan. Sehingga sasaran program studi Magister Manajemen sampai tahun 2024 menitikberatkan pada lima bidang sasaran sebagai berikut:
Secara umum, Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar, berupaya untuk menyiapkan manajer yang profesional, unggul dan mandiri yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan yang akan membentuk aklaq mulia dengan kemampuan pemahaman konsep, analisa dan aplikasinya didunia kerja dan masyarakat. Secara lebih rinci, Program Studi Magister Manajemen berupaya untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi utama sebagai berikut:
Tabel 1.19 : Mata Kuliah Pendukung Kompetensi Utama
No | Kompetensi Utama | Mata Kuliah
(Course Learning Outcomes-CLO) |
(1) | (2) | (3) |
1 | Profesional dan berkarakter Islami
Memiliki kemampuan secara teori dan praktek dalam bidang Manajemen SDM, Manajemen rumah sakit, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen E- Bisnis yang berlandaskan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan |
Manajemen SDM Manajemen Pemasaran Manajemen Keuangan
Manajemen Operasi dan Produksi Manajemen Mutu Rumah Sakit Al-Islam dan Kemuhammadiyahan |
2 | Inovatif dan berorentasi masa depan
Memiliki kemampuan dalam memberikan solusi masalah manajemen dalam wujud |
Perencanaan SDM Manajemen Strategi
Metode kuantitatif Bisnis |
rancangan yang inovatif berdasarkan kajian ilmiah/Riset | Metode Riset Riset Pemasaran
Riset Keuangan |
|
3 | Memiliki Jiwa Leader dan Leadership Memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan strategis dalam manajemen bisnis
dan organisasi |
Manajemen Strategi Budaya Organisasi |
4 | Memiliki Pola Pikir Entrepreneurship.
Lulusan prodi Magister Manajemenmemiliki kemampuan dalam merancang dan mengembangkan bisnis serta mampu memecahkan masalah dan tantangan yang dihadapi masyarakat dalam mengembangkan usaha berbasis digital |
Analisis Investasi Business Intelligence, Data Mining Bisnis, B2B-B2C,
E-Project Pemasaran Jasa Syariah |