- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Program Studi Ilmu Komunikasi adalah program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Makassar. Prodi ini didirikan pada tanggal 9 April 2015 sesuai dengan Izin Penyelenggaran Program Studi No. 152/M/Kp/IV/2015 dari Menristek dikti Republik Indonesia. Prodi ini merupakan program studi yang ke 45 di Universitas Muhammadiyah Makassar.
Prodi Ilmu Komunikasi sudah terakreditasi B dari BAN-PT sejak 2019. Prodi ini memiliki 2 peminatan, yaitu Jurnalistik & Public Relations Secara periodic reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang digital komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.
Guna meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Prodi Ilmu Komunikasi menyediakan fasilitas laboratorium yang memadai dan representatif, meliputi lab ruang produksi siaran TV, stasiun radio, studio fotografi, komputer multimedia dan desain grafis.
Untuk meningkatkan link and match antara lulusan pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industry serta masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan, Prodi Ilmu Komunikasi pada awal tahun 2020 melalui program yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberlakukan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)”.
Kebijakan MBKM ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya.
Melalui kebijakan MBKM, Prodi Ilmu Komunikasi memberikan kesempatan nantinya kepada mahasiswa seperti : (1) Magang di media cetak, stasiun TV, radio, media online, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainnya, (2) pertukaran pelajar serta (3)……dengan harapan.
Diharapkan kedepannya, alumni Prodi Ilmu Komunikasi kelak pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan yang siap untuk memenangkan tantangan kehidupan yang semakin kompleks di abad ke-21 ini.
Visi Program Studi Ilmu Komunikasi adalah “Menjadi program studi yang Unggul dan Terpercaya dalam Bidang Komunikasi Digital berdasarkan Nilai-Nilai Islam di Asia Tenggara Tahun 2030.”
Untuk mencapai vis tersebut, Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNISMUH Makassar menjabarkan usaha-usaha yang akan dilakukan sebagai tanggungjawab dan rencana konkrit. Misi Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu:
Tujuan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNISMUH Makassar yaitu:
Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki kompetensi umum yang terkait sikap dan tata nilai sebagai berikut:
Tabel Pembentukan Sikap dan Tata Nilai
No | Capaian Pembelajaran Lulusan | Indikator |
1. | Sikap | 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan 9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki penguasaan pegetahuan sebagai berikut:
Tabel Penguasaan Pengetahuan
No | CapaianPembelajaranLulusan | Indikator |
1. | Pengetahuan | 1. Menguasai konsep teoritis tentang komunikasi, jurnalistik, dan public relations.
2. Menguasai prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, level organisasi, dan budaya. 3. Menguasai kaidah komunikasi guna mempersiapkan diri memasuki era globalisasi dan digitalisasi. 4. Menguasai pengetahuan mengelolah media massa di era digital disruption. 5. Menguasai konsep dan proses produksi media massa secara cepat, akurat, relevan dan terpercaya melalui media digital/ platform digital. 6. Menguasai teknik desain komunikasi visual dalam memproduksi iklan baik melalui media cetak maupun media online. 7. Menguasai teknik mengemas berita dan informasi dalam bentuk multimedia. 8. Menguasai teknik promosi, produksi iklan dan branding dengan pengoptimalan penggunaan media digital/ platform digital. 9. Menguasai metode riset jurnalistik dan public relations, teknik penulisan serta investigasi guna memperoleh berita yang mendalam dan komprehensif. 10. Menguasai konsep dan pengetahuan teknik mengatasi isu-isu yang berkembang dan menyelesaikan krisis manajemen yang terjadi di perusahaan atau instansi berdasarkan prinsip public relations. 11. Menguasai konsep dan pengetahuan pemberdayaan masyarakat untuk membangun masyarakat informasi yang kuat, mandiri, kreatif dan inovatif. 12. Menguasai etika komunikasi jurnalistik, public relations dan nilai-nilai kemanusiaan dalam mengaplikasikan profesi jurnalisme dan public relations. 13. Menguasai konsep dan teknik literasi media dalam menganalisis berita palsu atau hoaks. |
Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki kemampuan umum sebagai berikut:
Tabel Keterampilan Umum
No | Capaian PembelajaranLulusan | Indikator |
1. | Keterampilan Umum | 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; 6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; 7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:
Tabel Keterampilan Khusus
No | Capaian Pembelajaran Lulusan | Indikator |
1. | Keterampilan Khusus | 1. Mampu menganalisis secara akurat perubahan perilaku masyarakat dalam mengonsumsi media di era digital
2. Mampu mengembangkan penggunaan teknologi komunikasi di era new media dengan tetap perpegang pada nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal 3. Mampu mengelola media digital dan program komunikasi secara mandiri dan kreatif 4. Mampu mengoprasikan dan mengoptimalkan penggunaan media baru media atau media sosial dalam menunjang praktik jurnalistik dan public relations. 5. Mampu memproduksi berita secara cepat, akurat, relevan dan terpercaya di media digital/ platform digital dengan tetap mematuhi etika dan standar penulisan jurnalistik dan public relations. 6. Mampu menjembatani konflik atau krisis manajemen antara perusahaan dan masyarakat melalui pendekatan teknologi, sosial dan budaya. 7. Mampu melaksanakan tugas dasar jurnalistik secara adaptif, kreatif, serta memiliki kemampuan bekerja secara multitasking di era konvergensi media. 8. Mampu mengidentifikasi, menganalisis isu-isu komunikasi terkini untuk menyusun alternative solusi di bidang public relations dan jurnalistik. 9. Mampu mendesain dan memproduksi iklan kedalam beberapa alternative desain iklan dan media visual secara kreatif dengan menggunakan peralatan konvensional dan digital. 10. Mampu membangun relasi antara perusahaan/intitusi dengan para influencer dengan melakukan managerial media sosial. 11. Mampu melakukan adaptasi dan melahirkan inovasi-inovasi baru di bidang jurnalistik dan public relations. 12. Mampu menganalisis psikografi aktivitas politik masyarakat maya. 13. Mampu menciptakan dan membangun opini publik yang positif dalam upaya memperdalam dan mempertahankan kepercayaan public terhadap suatu individu/organisasi melalui riset opini publik dan kampanye terbatas secara online dan offline. |