- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) dibuka pada tahun akademik 2006/2007 berdasarkan surat ijin Dikti bernomor SK Dikti No.3338/D/T/2006, tanggal 1 September 2006. Sebelumnya, Prodi PGSD FKIP dilaksanakan dalam jenjang D2 sejak tahun 1992 melalui Proyek Pemerintah yang selanjutnya mandiri di tahun 2011 berdasarkan SK Depdiknas Dirjen Dikti No 2347/D/T/2001.
Dalam penyelenggaraannya, Prodi PGSD FKIP Unismuh Makassar dipimpin oleh Ketua Prodi yang dibantu oleh satu orang Sekretaris Prodi dan dua orang operator Sistem Informasi, serta dibantu oleh dua orang operator Sistem Informasi Akademik, dan dua orang staf. Prodi PGSD memiliki struktur untuk mengatur tata hubungan dengan pimpinan, dosen, karyawan, maupun mahasiswa. Mekanisme pengaturan tata pamong tertuang dalam Statuta Universitas Muhammadiyah Makassar dan Qaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Prodi juga memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur prosedur pelayanan serta etika civitas akademika prodi.
Ketua Prodi bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan akademik, teknis, dan administrasi yang berhubungan dengan dosen maupun yang berkaitan dengan mahasiswa. Secara kontinyu dilakukan monitoring yang dipantau oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4M) Selain itu pihak prodi dalam hal ini Gugus Kendali Mutu (GKM) juga secara berkala melakukan kegiatan monitoring terhadap pelaksanaan proses perkuliahan, kehadiran dosen dan mahasiswa, maupun pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.
Secara internal, Prodi PGSD senantiasa melakukan proses monitoring dan evaluasi, baik terhadap manajemen prodi, maupun terhadap proses pembelajaran. Proses ini dipantau oleh pihak fakultas. Proses evaluasi dilakukan dengan cara menyebarkan angket dosen dan angket mahasiswa secara on line melalui website Prodi, https://pgsd.fkip.www.unismuh.ac.id. Hasil monitoring dan evaluasi dianalisis untuk merencanakan upaya tindak lanjut perbaikan dan pengembangan program. Hal ini dilakukan untuk menjamin mutu Prodi PGSD Unismuh Makassar.
Mewujudkan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Kawasan Timur Indonesia yang berkualitas, profesional, unggul, dan Islami pada tahun 2024 dalam menyelenggarakan pendidikan guru sekolah dasar untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi setara dengan Kualifikasi Level Enam KKNI
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |
1 | Sikap | |
S1
S2 S3
S4
S5 S6
S7
S8 S9
S10 |
§ bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
§ menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; § berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; § berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; § menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; § bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; § taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; § menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; § menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan § menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|
2 | Ketrampilan Umum | |
KU1
KU2 KU3
KU4
KU5
KU6
KU7
KU8
KU9 |
§ mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
§ mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; § mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; § mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; § mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; § mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; § mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; § mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan § mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
3 | Ketrampilan Khusus | |
KK1
KK2
KK3
KK4
KK5
KK6
KK7
KK8
KK9 |
§ Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, IPS, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn)
§ Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. § Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.. § Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi § Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. § Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. § Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. § Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan § Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
4 | Pengetahuan | |
PP1
PP2 PP3 PP4 PP5
PP6
PP7
PP8
|
§ Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar
§ Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar § Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK. § Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar. § Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. § Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar. § Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di sekolah dasar. § Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal |