- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah tingkat satuan pendidikan S2 di bidang pendidikan bahasa Inggris, bertujuan mencetak Dosen tingkat S1, Peneliti, Pengembang Kurikulum dan Praktisi Bidang pendidikan bahasa Inggris. Dalam merealisasikan tujuannya, capaian pembelajaran meliputi sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan khusus dirancang mengacu pada jenjang kualifikasi KKNI setara Level 9, yaitu mengetahui minimal teori dan teori aplikasi Bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
Proses pembelajaran yang dilakukan, bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, dan berpusat pada mahasiswa. Bentuk pembelajaran lainnya dilakukan dalam bentuk penelitian, perancangan, atau pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat di bawah bimbingan dosen. Penilaian diberikan memenuhi prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel dan transparan.
Dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kualifikasi akademik doktor pendidikan bahasa Inggris dan kompetensi pendidik dengan sertifikat pendidik. Tenaga Kependidikan memiliki kualifikasi akademik minimal S1 dan memiliki sertifika kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya
Menjadi Prodi Magister Pendidikan bahasa Inggris yang unggul, berkualitas, profesional, berwawasan global dan berkarakter Islami dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan penelitian pada tahun 2024
UNSUR SNPT & KKNI | KOMPETENSI LULUSAN/CAPAIAN PEMELAJARAN | |
SIKAP | S1 | Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan mampu menunjukkan sikap religious; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, etika, professionalism, dan integritas akademik. | |
S3 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. | |
S4 | Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa; | |
S5 | Memahami, menghargai, dan menghormati keragaman social, budaya, agama, pendapat dan cara pandang orang lain; | |
S6 | Menginternalisasi kemandirian, semangat daya juang dan kewirausahaan; | |
S7 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; | |
S8 | Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | |
S9 | Taat hUkum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | |
S10 | Bertanggung jawab pada profesi yang diamanatkan secara mandiri maupun kolaboratif; | |
S11 | Bersikap sebagai pribadi yang jujur, beretika, berahlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik, dan masyarakat; | |
S12 | Bersikap adaptif terhadap perkembangan jaman; | |
S13 | Bersikap bijaksana dalam kepemimpinan | |
S14 | Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan local dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya. |
UNSUR SNPT & KKNI | KOMPETENSI LULUSAN/CAPAIAN PEMELAJARAN | |
Pengetahuan | P1 | Menguasai bahasa Inggris minimal setara dengan tingkat pos- intermediate untuk menciptakan komunikasi baik lisan maupun tertulis secara lancar, akurat, efektif, dan berterima. |
P2 | Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing utuk pembelajaran bahasa Inggris umum (General English) dan pembelajaran bahasa inggris untuk tujuan tertentu (English for Specific Course). | |
P3 | Menguasai teori, konsep, dan model pengembangan program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik. | |
P4 | Menguasai teori, konsep, dan model, literasi sastra Inggris serta pembelajaran dan pengajarannya. | |
P5 | Menguasai konsep, teori, dan tata cara yang mendukung dalam melakukan penelitian | |
P6 | Menguasai teori dasar psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan, maupun budaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris) secara optimal. | |
P7 | Menguasai teori, konsep pengembangan kurikulum, sillabi, dan bahan ajar pembelajaran bahasa Inggris general dan untuk tujuan khusus |
UNSUR SNPT & KKNI | KOMPETENSI LULUSAN / CAPAIAN PEMBELAJARAN | |
Ketrampilan khusus | KK1 | Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat pre-advanced |
KK2 | Mampu mendisain model pembelajaran inovatif, efektif, kreatif dan berpusat pada siswa dengan memanfaatkan berbagai media untuk pembelajaran bahasa Inggris umum dan untuk tujuan khusus. | |
KK3 | Memberikan layanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik | |
KK4 | Melakukan penelitian dan mengkaji data empirisnya secara kritis dan analitis untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Inggris | |
KK5 | Mampu mengembangkan kurikulum dan syllabi untuk pembelajaran bahasa Inggris umum dan untuk tujuan khusus. | |
KK6 | Mampu mengembangkan materi ajar bagi pembelajaran bahasa Inggris umum dan unntuk tujuan khusus. | |
KK7 | Mampu menulis karya ilmiah atau penelitian sederhana dan mendiseminasikannya sebagai karya akademik dalam forum ilmiah |
UNSUR SNPT & KKNI | KOMPTETENSI LULUSAN / CAPAIAN PEMBELAJARAN | |
Ketrampilan Umum | KU1 | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang ilmu penetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahliannya melalui penelitian ilmiah, penciptaan disain atau karya seni serta menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis |
KU2 | Mampu menyusun dan mengkomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. | |
KU3 | Menunjukkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sebagai bagian dari warga dunia | |
KU4 | Bekerja secara kolaboratif dan efektif dalam berbagai konteks dengan pihak lain | |
KU5 | Melakukan pembelajaran seumur hidup dan pengembangan profesional berkelanjutan | |
KU6 | Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, tekenologi atau seni berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data. | |
KU7 | Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri dan bertanggung jawab termasuk dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan bertanggung jawab | |
KU8 | Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner. |