- 0411-860837/860132
- info@unismuh.ac.id
- JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Daftar di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) memperoleh izin penyelenggraan dari Dikti berdasarkan SK Penyelenggaraan 308/KPT/I/2016 tertanggal 31 Agustus 2016. Program Studi Magister Pendidikan Dasar telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan Keputusan BAN PT No. 3628/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2019.
Mewujudkan program studi magister pendidikan dasar yang menghasilkan lulusan berkarakter islami, berwawasan global dan unggul dalam bidang pendidikan dasar ke-SD-an di Kawasan Timur Indonesia pada tahun 2024 melalui penguatan catur dharma perguruan tinggi muhammadiyah.
Berdasarkan pada visi, misi, dan tujuan program studi, sasaran-sasaran utama Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, difokuskan pada: 1) penguatan kelembagaan, 2) penguatan akademik 3) pengembangan sumber daya manusia, (4) pemantapan sarana-prasarana, (5) peningkatan kegiatan dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat, dan (6) perluasan kerjasama dalam dan luar negeri.
Aspek | Capaian Pembelajaran |
Sikap | 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. 9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. 11. Menginternalisasi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. |
Pengetahuan | Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter dan multidisipliner. Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. |
Keterampila Umum | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui, penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan sekolah dasar, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan international berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian pendidikan di sekolah dasar dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan di sekolah dasar; Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian pendidikan ke-SD-an; Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Keterampilan Khusus | Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner.
Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional. Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar melaluui pendekatan inter atau multidisipliner. Mempresentasikan hasil pengembangan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam kegiatan seminar secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif |