Perpustakaan


Profil Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar

Sejarah berdirinya Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tidak terlepas dari sejarah berdirinya Makassar. Perpustakaan Pusat (awalnya hanya disebut Perpustakaan Kampus Unismuh) pertama-tama berada di kampus lama (kampus pertama yang dimiliki) Unismuh Makassar, di Jalan Ranggong Daeng Romo, Makassar, dan didirikan pada tahun 1977.

Pada tahun 1985, Unismuh Makassar membangun gedung kampus kedua di Jalan Bungaya (sekarang Jalan Mappaoddang) Makassar. Dengan dibangunnya kampus tersebut, maka gedung kampus pertama di Jalan Ranggong Daeng Romo disebut sebagai Kampus I Unismuh Makassar, sedangkan gedung kampus kedua di Jalan Mappaoddang disebut sebagai Kampus II Unismuh Makassar.

Pada tahun 1994, Unismuh Makassar membangun gedung kampus ketiga di Jalan Sultan Alauddin, nomor 259, Makassar. Karena lokasinya cukup luas, maka gedung kampus di Jalan Sultan Alauddin kemudian dijadikan sebagai kampus induk dan pusat kegiatan Unismuh Makassar hingga kini.

Ruangan Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar juga dipindahkan ke kampus Unismuh Makassar di Jalan Sultan Alauddin.

Selama berada di kampus baru Jalan Sultan Alauddin, ruangan Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar sudah tiga kali berpindah tempat, yakni dari Gedung B (sekarang ditempati Program Pascasarjana), kemudian ke Gedung Ma’had Al-Birr pada tahun 1996, dan selanjutnya di Lantai I Rektor Unismuh Makassar hingga kini.

Pada awal berdirinya pada tahun 1977, Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar masih dikelola dengan sangat sederhana. Kondisi tersebut berlangsung hingga tahun 1986.

Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar mengalami perkembangan yang cukup pesat ketika struktur pengelola perpustakaan dilengkapi dengan sejumlah staf dan sarananya dilengkapi dengan tambahan koleksi buku dan karya ilmiah, baik dalam bentuk lembaran kertas, maupun dalam bentuk compact disc (cakram padat).

Hingga petengahan tahun 2016, Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar memiliki koleksi 9.558 keping CD, 68 eksamplar jurnal ilmiah, 168 eksamplar Laporan Penelitian Dosen, 38 eksamplar Laporan Penelitian Mahasiswa, serta 8.287 judul buku teks dengan jumlah 10.371 eksamplar buku.

Ruangan Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar kini dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang, mulai dari rak buku, meja dan kursi untuk pengunjung, serta pendingin ruangan, sehingga pengunjung dapat merasa nyaman bila berada di dalam ruangan perpustakaan.


Visi:

Visi yang dicanangkan Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar, yaitu:

Mempersiapkan sumber belajar, informasi, dan penelitian untuk pengembangan insan beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, beramal ilmiah, dan berilmu amaliah.


Misi:

Guna mencapai visi yang dicanangkan, maka Perpustakaan Pusat Unismuh Makasar, menetapkan beberapa butir misi, yaitu:

  • Menyediakan lingkugan belajar yang berkualitas untuk pengembangan pembelaJaran yang unggul, inovatif, percaya diri, dan produktif.
  • Melestarikan, mengembangkan, dan menemukan ilmu peng­e­tahu­an, teknologi yang unggul, dan terpercaya pada tahun 2024.
  • Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi untuk kemaslahatan umat manusia baik lahiriyah dan batiniyah.
  • Mempersiapkan insan yang bertaqwa dan berakhlak mulia dengan amal ilmiah dan ilmu amaliah.


Kepala Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar dari Masa ke Masa

  1. Hasiah
  2. Siri Dangnga
  3. Fatima Tola
  4. Nasir Hamdat
  5. Sanusi
  6. Nursinah (Plt)


Staf Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar:

  1. Naspiah Mantang, SE, (Kepala Tata Usaha)
  2. Adhayati Thaief, S.Kep, (Bagian Administrasi & Keuangan)
  3. Nursinah, S.Hum, (Bagian Pengadaan/Pengolahan)
  4. Jumriati, S.Pd, (Bagian Sirkulasi)
  5. Muhammad Marzuki, M.PdI, (Bagian Referensi)
  6. Nuraeni
  7. Nurul Hidayat, S.Ip,
  8. Muhammad Fakhruddin, S.Ip,
  9. Mirfayana, S.Ip,