Kedokteran


VISI

Program Studi Kedokteran Unismuh Makassar menetapkan visi:

Menjadi Program Studi Kedokteran yang terunggul dan terpercaya dengan luaran dokter yang beretika, bermoral Islami, dan bernuansa global pada tahun 2020.



MISI

Untuk mencapai visi tersebut, maka Fakultas Kedokteran Unismuh Makasar menetapkan beberapa misi, yaitu:

1 Menggunakan sistem pembelajaran Problem Based Learning yang terintegrasi pada nilai yang Islami dalam proses belajar mengajar.
2 Menghasilkan dokter profesional dan berdaya saing mandiri, beriman, dan bertakwa, serta berwawasan global yang mampu berperan secara holistic dalam mengatasi kesehatan masyarakat.
3 Menyelenggarakan penyebaran dan penerapan Iptek kedokteran bagi kesejahteraan masyarakat dan menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat secara Islami.
4 Menyediakan jasa konsultasi bagi amal usaha Muhammadiyah.
5 Mengembangkan suatu model pemeliharaan kesehatn individu yang berorieantasi pada pencegahan (new paradigma in health), dan mengembangkan suatu health complex muhammadiyah yang terpandang di Asia

Tujuan

Tujuan yang dicapai yaitu:

1 Mendidik mahasiswa secara Islami yang beretika melalui proses belajar mengajar, menyelesaikan kurikulum sehingga memiliki cukup pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk melakukan Profesi Kedokteran dalam suatu pelayanan kesehatan sesuai dengan kebijaksanaan Pemerintah.
2 Menghasilkan alumni yang senantiasa dapat mengembangkan diri dalam segi ilmu Kedokteran sesuai dengan bakatnya dengan berpedoman kepada pendidikan sepanjang hayat.
3 Menyiapkan generasi dokter yang Islami yang senantiasa tanggap dan menyadari keperluan untuk menambah pendidikan, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, serta menilai kemajuan yang telah dicapai secara kritis.
4 Menghasilkan luaran yang dapat memelihara dan mengembangkan kepribadian, sikap dan etika yang diperlukan untuk kelangsungan profesinya, seperti integritas, rasa tanggung jawab, dapat dipercaya, serta menaruh perhatian dan penghargaan kepada sesama manusia sesuai dengan etika kedokteran.

Status Akreditasi

Sebagai program studi yang relatif masih baru, status akreditasi Prodi Kedokteran Unismuh Makassar hingga saat ini masih pada level Nilai C. Status akreditasi dengan nilai C tersebut diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor: 151/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VI/2013, tahun 2013.

Surat Keputusan BAN-PT untuk status akreditasi Prodi Kedokteran Unismuh Makasar tersebut berlaku sampai dengan tanggal 29 Juni 2018.



PROGRAM STUDI

No Program Studi Strata

Tahun Pendirian

Akreditasi
01 Pendidikan Dokter S1 2008 C
02 Profesi Dokter Profesi 2013 Proses

INFO PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

No Jenis Pendaftaran Waktu Pendaftaran
1 Jalur Umum 17 April s.d. 19 Agustus 2017
2 Jalur Undangan 17 April s.d. 16 Juli 2017

SYARAT PENDAFTARAN DAN PEMBAYARAN

No Keterangan
1. Menyerahkan fotocopy Ijazah/ SKHU (dilegalisir), Kartu Keluarga/KTP.
2. Menyetor pasfoto ukuran 3x4 (2 lembar) resmi dan terbaru.
3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000,- pada Bank Mitra Unismuh Makassar.
4. Jalur Undangan: menyertakan rekomendasi dari PDM, PWM, Kepala Sekolah dengan melampirkan fotocopy Raport 3 Semester terakhir (dilegalisir) dan bukti prestasi.
5. Berijazah lulusan SMA/ MA Jurusan IPA

TEMPAT PENDAFTARAN

Kampus Unismuh Makassar Jalan Sultan Alauddin No. 259 Makassar

PENDAFTARAN ONLINE:

www.pmb.unismuh.ac.id