Keguruan dan Ilmu Pendidikan


SELAYANG PANDANG

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar berdiri sejak tahun 1963. Perjalanan FKIP secara terus menerus mengalami perkembangan dengan membuka berbagai program studi. Tahun 1991, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar diberi kepercayaan oleh Pemerintah untuk membuka program studi baru, yaitu Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris. Di Tahun yang sama FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar juga diberi kepercayaan oleh Pemerintah untuk mengelola sebuah program studi, yakni proyek D2 PGSD. Program ini berlangsung hingga tahun 1997, yang kemudian pada tahun berikutnya D2 PGSD dikelola secara swadaya oleh FKIP. Sejak dibukanya program studi D2 PGSD, FKIP Unismuh Makassar semakin menjadi incaran bagi masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka.


VISI DAN MISI

Visi

Mewujudkan fakultas berkarakter Islami yang unggul dan terpercaya dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan melalui penguatan tridharma perguruan tinggi.


Misi

Untuk mewujudkan visi yang ada, FKIP Unismuh Makassar menetapkan misi untuk:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis teknologi di tingkat program studi (prodi)
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang terintegrasi dalam Al Islam Kemuhammadiyah (AIK)
  3. Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan melalui studi lanjut sesuai dengan disiplin ilmu dosen, pelatihan, dan short course
  4. Menguatkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat melalui jalinan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan di dalam maupun di luar negeri


FASILITAS

Asrama Mahasiwa

Universitas Muhammadiyah Makassar telah memiliki 3 (tiga) gedung asrama mahasiswa yang dibangun oleh Kementerian Perumahan Republik Indonesia dengan luas tanah 1.470 meter persegi.

Asrama mahasiswa Unismuh tidak hanya berperan sebagai tempat hunian mahasiswa, namun juga ikut bertanggung jawab dalam proses pembelajaran akademik dan budaya.

Mahasiswa yang tinggal di asrama tidak sekadar pergi pulang kuliah untuk mendapatkan pengetahuan kognitif, namun diarahkan menambah kemampuan non kognitif selama tinggal di asrama. Lewat pemberian softskill ini menjadi bagian dari fungsi asrama menjadi tempat mendampingi, memotivasi, melayani, memfasilitasi dan melindungi para mahasiswa.

Mahasiswa diharapkan memiliki dasar karakter calon guru yang memiliki sikap jujur, ulet, tangguh, dan kemampuan kerjasama membangun jejaring.


Selain itu, mahasiswa yang tinggal di asrama umumnya bisa saling mengenal mahasiswa lain yang berbeda etnis luar daerah dari seluruh Indonesia. Karena itulah, mahasiswa diharuskan mampu menghargai dan menghormati perbedaan karakter dari lingkungan sekitarnya.


Pandai membaca karakter sangat penting dimiliki mahasiswa agar mampu hidup berdampingan dan menghargai perbedaan.

Mahasiswa yang berkarakter memiliki nilai-nilai integritas, kerendahan hati, kesetiaan, pengendalian diri, keberanian, dan kesabaran, kemudian nilai-nilai tersebut dikombinasikan dengan kemampuan cara berpikir, cara bertindak dan aktualisasi diri, akan membentuk karakter calon guru yang profesional.


Fasilitas asrama menjadi bagian integral dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, fasilitas yang disediakan dan penataannya, harus dapat menunjang efektivitas pencapaian tujuan pendidikan guru berasrama.


Fasilitas yang dimiliki asrama Mahasiswa Unismuh Makassar antara lain sebagai berikut:

  1. Kamar tidur dilengkapi dengan tempat tidur, almari pakaian, meja, rak buku. Jika memungkinkan di dalam kamar tidur disediakan meja kursi belajar.
  2. Ruang belajar bersama sebagai tempat diskusi atau rapat warga asrama yang dilengkapi dengan meja belajar.
  3. Ruang makan beserta mebeler dan perlengkapannya.
  4. Sarana ibadah dan pendalaman/kajian agama.
  5. Sarana olah raga.
  6. Sarana MCK yang memadai dari segi jumlah dan kebersihan.
  7. Wisma pengelola asrama.
  8. Ruang dan perlengkapan pendukung lainnya, antara lain dapur, ruang menerima tamu, dan perlengkapan kebersihan.
  9. Ruang kesehatan yang dilengkapi perlengkapan PPPK dan akses untuk merujuk ke rumah sakit diperlukan.


Sekolah Laboratorium

Universitas Muhammadiyah Makassar telah memiliki sekolah laboratorium, yaitu SMP Unismuh Makassar dan SMA Unismuh Makassar. Sedangkan khusus SD, Unismuh telah merencanakan untuk segera dibangun, namun saat ini Universitas Muhammadiyah Makassar telah menjalin kemitraan dengan SD Pertiwi Makassar.


SMP Unismuh Makassar

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Unismuh Makassar adalah Lembaga Pendidikan Menengah di bawah Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Makassar (BPH Unismuh) yang didirikan Tahun 2003 yang terakreditasi B.


Adapun visinya: Mantap Keimanan, Unggul Intelektual, Anggun Berakhlak dan Sigap Berkarya.


Untuk mencapai visi dirumuskan misi:

  • Memantapkan Dasar-dasar ketauhidan dalam segala aspek
  • Memberi bekal kemampun pemecahan masalah, kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif
  • Menanamkan dasar-dasar akhlak, baik akhlak kepada pencipta, kepada sesama manusia, maupun akhlak terhadap makhluknya dan lingkungannya,

Memberi bekal kepada peserta didik untuk berkarya dan bekal melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar

Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar adalah Lembaga Pendidikan Menengah di bawah Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Makassar (BPH Unismuh) didirikan Tahun 2006 yang terakreditasi B.


Adapun visinya Mantap Keimanan, Unggul Intelektual, Anggun berakhlak dan Sigap Berkarya.


Untuk mencapai visi dirumuskan misi:

  • Menerapkan pola pembelajaran terpadu yang dapat menguasai IMTAK dan IPTEK, sehingga siswa memiliki landasan ketaqwaan yang kokoh, dalam wujud kesalehan pribadi dan sosial yang dijiwai semangat amar ma’ruf nahi mungkar.
  • Menjadikan SMA Muhammadiyah I Unismuh Makassar sebagai sekolah unggulan (Agen of Excellence), khususnya di bidang Bahasa, Sains dan Teknologi Informasi.


Laboratorium Microteaching

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar telah memiliki sarana praktek mengajar (Lab. Microteaching) sejak tahun 2007 melalui Program Hibah (PHK) Dikti.


Microteaching adalah suatu latihan mengajar permulaan bagi calon guru dan mempersiapkan mahasiswa atau calon guru untuk menghadapi pekerjaan sepenuhnya di muka kelas dengan memiliki pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan sikap sebagai calon guru profesional.


Selain Mahasiswa, pada tahun 2009 laboratorium ini juga pernah dipakai untuk seleksi penerimaan calon Dosen tingkat Universitas Muhammadiyah Makassar dalam praktek mengajar.


Adapun kelengakapan atau peralatan yang telah dimiliki Lab. Microteaching antara lain: Mixer Audio/Video, Komputer Editing, Kamera Handycam, Kamare Digital, Tripod, TV Flasma, LCD Projektor, DVD, Meja (guru), kursi dan papan tulis.


Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan Unismuh Makassar adalah:

  1. Menyelenggarakan kegiatan praktikum aplikasi komputer, baik yang bersifat reguler maupun nonreguler;
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi di bidang aplikasi komputer bagi sivitas akademika Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan khususnya dan Unismuh Makassar pada umumnya;
  3. Menyediakan fasilitas komputer bagi unit lain yang membutuhkan;
  4. Mengembangkan keahlian dan ketrampilan di bidang komputer bagi personalia yang terlibat di Laboratorium Komputer.


Laboratorium Komputer ini menjalankan tiga macam fungsi utama, yaitu:

  1. unit penyelenggara praktikum komputer reguler,
  2. unit penunjang praktikum komputer bagi unit lain, dan
  3. unit penyelenggara pelatihan komputer opsional.


Selain fungsi tersebut di atas, Laboratoirum komputer ini berfungsi pula sebagai :

  1. menyiapkan lulusan yang mempunyai keunggulan kompetitif di bidang aplikasi komputer;
  2. menjadikan praktikan lulus dengan kualifikasi trampil mengaplikasikan program komputer sesuai dengan kebutuhannya;
  3. menyiapkan alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unismuh makassar yang terampil dalam memanfaatkan program komputer yang dapat digunakan kegiatan pembelajaran.


FKIP Unismuh Makassar memiliki 2 (dua) ruangan Lab Komputer dengan luas ruang masing-masing 6 m x 8 m = 48 m2.


Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar memiliki perpustakaan di tingkat pusat, maupun di fakultas dan pada Program Pascasarjana. Aksesibilitas bahan pustaka dapat dilakukan oleh mahasiswa, dosen dan karyawan dan secara langsung menggunakan bahan pustaka tersebut melalui sistem e-Library.


Mekanisme peminjaman pustaka menggunakan kartu anggota perpustakaan baik tingkat pusat maupun fakultas dan Program Pascasarjana. Pengecekan judul buku dapat dilakukan dengan e-Library yang telah disiapkan di perpustakaan pusat maupun perpustakaan Fakultas.


Bahan Pustaka untuk kegiatan catur dharma perguruan tinggi dimanfaatkan oleh:

  • Dosen

Keberadaan pustaka dimanfaatkan bagi dosen untuk mempermudah dalam melaksanakan tugas catur dharma, baik untuk bahan penyusunan bahan ajar, atau sebagai referensi pembelajaran dan juga digunakan sebagai referensi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Mahasiswa

Mahasiswa memanfaatkan perpustakaan untuk pengayaan materi dan referensi dari bahan pustaka sesuai dengan bidang keahliannya, dan dapat dengan mudah mengetahui buku yang diinginkan.

  • Masyarakat umum.

Bahan pustaka dapat pula dimanfaatkan bagi masyarakat umum untuk mendapatkan bahan referensi sesuai dengan bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar.


Jumlah pengunjung perpustakaan per bulan mencapai ribuan pengunjung. Aksesibilitas dan pemanfaatan pustaka yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Makassar adalah yang datang langsung ke perpustakaan baik perpustakaan pusat maupun fakultas.


Sarana pustakan yang disiapkan selain digunakan untuk membaca dan mencari referensi buku yang dibutuhkan, disiapkan pula sarana wifi online secara gratis. Pengunjung perpustakaan dapat memanfaatkan sarana perpustakaan setiap hari Senin sampai Sabtu dari pukul 08.00-17.00 Wita.

Tahun 2014, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar telah membina 11 program studi, yakni:

No Nama Jurusan Jenjang Status
1 Teknologi Pendidikan S1 Terakreditas B
2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Seni Indonesia S1 Terakreditas B
3 Pendidikan Matematika S1 Terakreditas B
4 Pendidikan Bahasa dan Sastra Seni Inggris S1 Terakreditas B
5 Pendidikan Fisika S1 Terakreditas B
6 Pendidikan Sosiologi S1 Terakreditas B
7 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1 Terakreditas B
8 Pendidikan Seni Rupa S1 Terakreditas C
9 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) S1 SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, No: 174/E/O/2014 Tanggal 10 Juni 2014)
10 Pendidikan Biologi S1 SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, No: 41/M/Kp/III/2015 Tanggal 20 Maret 2015)
11 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) S1 SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, No: 38/M/Kp/III/2015 Tanggal 20 Maret 2015)

Dalam setiap kesempatan, FKIP selalu mengikuti hibah kompetisi yang diselenggarakan oleh Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Adapun hibah kompetisi yang telah dimenangkan oleh FKIP, antara lain PHK-B, Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), Program Penyelenggara Sertifikasi Guru, Pendidikan Profesi Guru (PPG), Hibah Model Pembelajaran Non Konvensional. Selain itu, mahasiswa FKIP dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan dalam memenangkan program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh DP2M Dikti.


Peningkatan kualitas akademik FKIP dari tahun ke tahun tidak lepas dari peran para pemimpinnya. Adapun periode kepemimpinan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar dari masa ke masa adalah sebagai berikut:

No Nama Pejabat Periode
1 Drs. Ambo Enre Abdullah -
2 Drs. H. Muhammad Syukur Hak 1982-1986
3 Drs. Muhammad Room Narsam 1986-1992
4 Drs. H. M. Arsyad 1992-1999
5 Drs. H. M. Natsir Hamdat, M.Pd. 1999-2003
6 Drs. Irwan Akib, M.Pd. 2003-2005
7 Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum. 2005-2009
8 Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum. 2009-2013
9 Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum. 2013-2017

Pimpinan Fakultas Periode 2013-2017

No Nama Pejabat Jabatan
1 Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum. Dekan
2 Khaeruddin, S.Pd., M.Pd. Wakil Dekan I
3 Dra. Hj. Syahribulan, M.Pd. Wakil Dekan II
4 Drs. H. Nurdin, M.Pd. Wakil Dekan III
5 Drs. H. Hambali, M.Hum. Wakil Dekan IV
6 Andi Adam, S.Pd., M.Pd. Ketua Prodi KTP
7 Aliem Bahri, S.Pd., M.Pd. Sekretaris Prodi KTP
8 Dr. Munirah, M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
9 Syekh Adiwijaya, S.Pd., M.Pd. Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
10 Erwin Akib, S.Pd., M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
11 Ummi Khaerati Syam, S.Pd., M.Pd. Sekretaris Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
12 Sulfasyah, S.Pd., M.Pd. Ketua Prodi PGSD
13 St. Fitriani Saleh, S.Pd., M.Pd. Sekretaris Prodi PGSD
14 Muhlis, S.Pd., M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Matematika
15 Dr. H. Nursalam, M.Si. Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi
16 Muhammad Akhir, S.Pd., M.Pd. Sekretaris Prodi Pendidikan Sosiologi
17 Nurlina, S.Si., M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Fisika
18 Ma’ruf, S.Pd., M.Pd. Sekretaris Prodi Pendidikan Fisika
19 Andi Baetal Muqaddas, S.Pd., M.Sn. Ketua Prodi Pendidikan Seni Rupa
20 Muhammad Tahir, S.Pd. Sekretaris Prodi Pendidikan Seni Rupa
21 Muhajir, S.Pd., M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan PPKn
22 Drs. Baharullah, M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Biologi
23 Tasrif Akib, S.Pd., M.Pd. Ketua Prodi PAUD