Aquaponik dan Stand Strategi Membawa Unismuh Makassar Meraih STAND TERBAIK PERTAMA

Setelah berlangsung selama 3 hari pelaksanaan Pameran Perguruan Tinggi Kopertis IX Sulawesi atau lebih dikenal Sulawesi Education and Techno Expo 2018 akhirnya ditutup pada Kamis malam (8/2/2018) di Celebes Convention Center Makassar, dengan menetapkan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih juara stand terbaik pertama, dususul Universitas Gorontalo sebagai juara kedua, dan Akademi Teknik Soroako juara ketiga. Sementara, perguruan tinggi yang memperoleh predikat juara pavorit pertama diraih oleh stand Lantamal VI Makassar, disusul Universitas Patria Artha serta Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.


Terpilihnya Unismuh Makassar sebagai juara stand terbaik pertama pada Pameran Perguruan Tinggi ke-11 Kopertis IX Sulawesi ini, disambut suka cita oleh mahasiswa Unismuh Makassar, bahkan Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, tampak tak mampu menyembunyikan luapan kegembiraannya setelah mendengar panitia mengumumkan bahwa Unismuh Makassar keluar sebagai stand terbaik pertama pada pameran perguruan tinggi ke-11 Kopertis IX Sulawesi.


Prestasi ini diperoleh bukanlah hal yang mudah. Ini adalah buah dari hasil kerja keras mahasiswa terutama pimpinan, dan lebih utama lagi adalah personil yang memang telah diamanahi untuk bekerja secara maksimal dan mempersiapkan segalanya sedini mungkin sebelum acara dimulai.


Sekilas diperhatikan, stand Unismuh Makassar memamg terlihat sangat strategis. Dari jauh sudah terlihat jelas. Stand Unismuh Makassar terlihat unik dibanding stand-stand peserta lainnya. Keunikan itu terlihat pada polesan-polesan hiasan, seperti mendandani stand dengan tanaman Aquaponik yang dikombinasi kolam ikan pada bagian bawah tanaman hidroponiknya.


Selain itu, dari awal, sejak acara pembukaan pameran, Unismuh Makassar telah memperlihatkan kebolehannya dan berhasil menarik perhatian penuh para pengunjung melalui suguhan tari kesenian Paduppa-nya. Sungguh luar biasa, dan hal ini tidak terlihat dan tidak dilakukan pada stand-stand dan peserta lainnya.


Lebih menarik lagi, acara Sulawesi Education and Techno Expo 2018, untuk pertama kalinya diikuti 9 perguruan tinggi persyarikatan Muhammadiyah, seperti Unismuh Buton, Unismuh Bulukumba, Unismuh Parepare, STISIP Muhammadiyah Rappang, STKIP MUhammadiyah Enrekang, STKIP Muhammadiyah Bone, STKIP Muhammadiyah Barru, STISIP-STIP Muhammadiyah Sinjai dan Unismuh Makassar.(Arfan)