Mahasiswa Sosiologi Gelar Pembelajaran Out Door Learning

Sekitar 100-an Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Angkatan 2015 menggelar Pameran Poster Lingkungan dan Perempuan Pemulung di Gedung Lt. 2 Iqra, Selasa (6/2/2018).


Penggelaran Kegiatan ini-adalah kelanjutan dari Matakuliah Sosiologi Lingkungan dan Komunikasi. Mahasiswa tidak hanya dijejali dengan teori tetapi juga sekalian langsung bersentuhan dengan fenomena sosial, ungkap Dr. Nurlina Subair, M.Si. yang juga selaku pembina matakuliah.


Nurlina menjelaskan, para mahasiswa, sebelumnya melakukan pembelajaran di luar kelas (out door learning) dengan mengamati fenomena lingkungan serta perempuan pemulung di beberapa sudut Kota Metropolitan Makassar, yang bertujuan untuk mengasah kepekaaan mahasiswa tehadap fenomena sosial yang terjadi di sekitar mereka.


Dari kuliah lapangan inilah, para mahasiswa mengaplikasikan hal-hal yang telah mereka peroleh dan lihat selama pengamatan dilangsungkan dalam bentuk Pagelaran Poster Lingkungan dan Perempuan Pemulung, yang kali ini mengangkat tema: Fenomena Masyarakat Perkotaan dalam Mengelola Lingkungan dan Potret Perempuan Pemulung di Kota Makassar. Tujuannya adalah untuk melihat seberapa tajam kepekaan mahasiswa dalam menangkap fenomena sosial tersebut yang terjadi di sekitar mereka, ungkap Nurlina.


Selain itu, Nurlina menambahkan bahwa pegelaran Pameran Poster Lingkungan dan Perempuan Pemulung ini-juga untuk lebih mengasah para mahasiswa agar lebih dapat berkreasi sesuai observasi yang telah mereka peroleh di lapangan. (arfan)