Target Loloskan 150 Judul Penelitian di Tahun 2019

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terus menggenjot, memotivasi, dan membangkitkan gairah para dosennya untuk terus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.


Keseriusan ini, terlihat pada tindakan Rektor Dr. Abdul Rahman Rahim, yang tiada hentinya mendorong dan intens melakukan pendampingan serta pemenuhan segala kebutuhan para dosen untuk aktif melakukan penelitian.


Alhasil, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan No. 0045/E3/LL/2018 Tgl 16 Januari 2018, menempatkan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebagai urutan pertama terbanyak yang diterima penelitiannya dilingkungan Kopertis IX, yakni 86 judul dari target 125 judul, dan 7 judul pengabdian masyarakat.


Secara rinci, ke 86 judul penelitian yang diterima tersebut adalah: 35 judul dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 21 judul dari Fakultas Pertanian, 12 judul dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 8 judul dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sementara Fakultas Kedokteran hanya meloloskan 2 judul. Untuk kategori Pengabdian Masyarakat, Fakultas Pertanian meloloskan 4 judul, Fakultas Teknik 1 judul, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan meloloskan 1 judul, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik juga meloloskan 1 judul.


Ketua Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Abubakar Idham, mengungkapkan bahwa dari seluruh dosen yang lolos penelitian, 55 judul diantaranya adalah dosen pemula. Lainnya adalah 11 judul penelitian disertasi doktor, 5 judul penelitian dasar unggulan perguruan tinggi, 4 judul penelitian terapan unggulan perguruan tinggi, 4 judul penelitian terapan kompetensi nasional, dan 3 judul penelitian kompetensi perguruan tinggi, serta 6 judul penelitian stranas.


Abubakar Idham menyebutkan, bahwa peringkatan penilitian yang paling tajam peningktannya adalah penelitian unggulan. Tahun sebelumnya hanya 3 judul sekarang ini sudah sampai 9 judul, sementara pengabdian masyarakat yang diterima sekitaran 9 persen dari total yang diusulkan, yakni sebanyak 72 judul, ungkap Abubakar Idham.


Abubakar, merincikan bahwa judul penelitian yang diusulkan sebanyak 149 judul penelitian, namun yang diterima baru 86 judul. Dan, kegiatan pengabdian masyarakat yang diusulkan sebanyak 72 judul namun yang diterima baru 7 judul. Meskipun yang diterima belum mencapai target, namun respon dosen untuk melakukan penelitian sudah sungguh luar biasa, ungkapnya.

Menanggapi kegairahan dosen untuk melakukan penelitian, Rektor, Dr. Abd. Rahman Rahim tiada hentinya memberikan perhatian, terus memotivasi, dan membangkitkan semangat agar dosen semakin bergairah melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.


Mewujudkan keinginan tersebut, para dosen diikutkan di berbagai kegiatan pelatihan dan workshop, baik yang dilaksanakan di Unismuh maupun di Kopertis, bahkan termasuk menyiapkan anggaran penelitian dan pengabdian dengan jumlah yang tidak sedikit. Semua ini dilakukan agar dosen lebih termotivasi melakukan kegiatan riset. Mudah-mudahan di tahun 2019 kita mampu meloloskan 150 judul penelitian, harap Abubakar Idham yang juga selaku Ketua LP3M. (arfan)