Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Subulussalam Al-Khoory Unismuh Makassar

Proses pembangunan Masjid Subulussalam Al-Khoory Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah dimulai dengan dilakukannya peletakan batu pertama oleh Rektor Unismuh Makassar Dr. H. Abdul Rahman Rahim, SE., MM., bersama dengan Ketua BPH Unismuh Dr. HM. Syaiful Saleh,Presiden AMCF Sheikh Dr. (HC) Mohammed MT Khoory, dan Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, di areal pembangunan masjid Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin Makassar, Jumat, 24 November 2017.

Dalam sambutannya, Rektor Unismuh Makassar, Dr. H. Abdul Rahman Rahim, menyampaikan puji syukur atas terlaksananya proses pembangunan masjid tersebut. Dana pembangunan masjid tersebut sepenuhnya adalah hibah dari yayasan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Dubai, Uni Emirat Arab.

Atas nama rektor, saya menyampaikan terima kasih kepada Sheikh Mohammed Tayeb Khoory atas hibah yang diserahkan kepada Unismuh Makassar, yang mana kita tahu ini bukan yang pertama kalinya, karena mesjid sebelumnya itu juga hibah dari beliau. Nantinya, masjid ini akan menjadi ikon Makassar dari wilayah selatan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini terus mendapat maghfirah dari Allah SWT, sebagai mana program strategis yang selama ini telah dicanangkan Unismuh, yakni melakukan pengkajian di berbagai bidang ilmu pengetahuan serta pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan dan masjid ini adalah pintunya, ungkap Rahman.

Pada kesempatan yang sama, ketua BPH Unismuh Makassar, Dr. HM Syaiful Saleh juga menyampaikan bahwa pembangunan mesjid ini merupakan sesuatu hal nyata yang telah dilakukan oleh Sheikh Al-Khoory dan juga sebagai bukti adanya kesinergian dengan persyarikatan Muhammadiyah, dan khususnya Universitas Muhammadiyah Makassar.

Selanjutnya, Sheikh Mohammed Al-Khoory melalui penerjemah menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dan puji syukur atas kerjasama yang baik ini sehingga bisa melaksanakan berbagai program dan khususnya untuk pembangunan masjid ini. Dan beliau sejenak mengenang kerjasama yang luar biasa dengan almarhum KH. Djamaluddin Amien yang diawali dengan mendirikan Ma'had Al Birr. Beliau mengatakan bahwa kita sangat bersyukur dan bangga dengan keberhasilan yang telah dicapai saat ini, khususnya Universitas Muhammadiyah Makassar menjadi universitas terbesar di wilayah Makassar.

Semua ini patut kita syukuri dan berbangga. Terima kasih atas kerja keras dan kesungguhan semua pihak. Insya Allah kedepan ini kita akan punya program yang lebih besar lagi yaitu pusat kemanusiaan yang nanti pusatnya di Makassar yang akan beroperasi di bagian timur Indonesia, dimana pusat kemanusiaan ini akan punya tiga kapal yang akan berlayar ke daerah-daerah terpencil dan pulau-pulau terpencil, tutur Sheikh Mohammed Al-Khoory.

Lebih lanjut lagi, Walikota Makassar, Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, juga menyampaikan terima kasih serta kesyukuran dan apresiasi atas pengembangan yang terjadi di Unismuh Makassar.

Suatu kesyukuran kepada Allah SWT atas jasa-jasa orang terdahulu, terutama almarhum KH. Djamaluddin Amien bagi kita semua bahwa telah meletakkan dasar-dasar dari pengembangan Universitas Muhammadiyah ini. Dan kesyukuran kepada kita semua atas kerja civitas, ketua yayasan dan pak Rektor yang mampu menghadirkan masjid yang luar biasa ini. Ditinjau dari segi arsitektur ini adalah satu-satunya mesjid yang bergaya Dubai yang ada di Makassar. Dan dengan berdirinya mesjid ini, bisa melengkapi sarana dan prasarana peribadatan dikota Makassar, ungkap Ramdhan Pomanto

Menutup pemaparannya, Ramdhan Pomanto menghaturkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Sheikh Dr. Mohammed Tayyeb Al-Khoory atas hadirnya masjid ini.

Insya Allah masjid ini berkah dan menjadi amal jariyah bagi Universitas Muhammadiyah Makassar dan saya yakin setelah selesainya mesjid ini berdiri, maka Universitas Muhammadiyah semakin berkemajuan, tutur Ramdhan Pomanto. (Hamsinah)

Keterangan Gambar:
PELETAKAN BATU PERTAMA. Rektor Unismuh Makassar, Dr. Abdul Rahman Rahim, SE., MM. (keempat dari kanan) didampingi ketua BPH Unismuh, Dr. HM Syaiful Saleh (keempat dari kiri), Presiden AMCF Sheikh Dr. (HC) Mohammed MT Khoory (kelima dari kiri), dan Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto (kelima dari kanan), berfoto bersama setelah acara peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Subulussalam Al-Khoory Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, di areal pembangunan mesjid Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin Makassar, Jumat, 24 November 2017.