Ilmu Pemerintahan Layak Terakreditasi A

Masa berlaku Akreditasi B program studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu-ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, baru akan berakhir pada tahun 2020.


Namun, pengelola program studi dan pimpinan fakultas berkeinginan mempercepat pengusulan re-akreditasinya, karena prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh dianggap sudah layak mendapatkan akreditasi A.


Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh, Andi Luhur Prianto, mengatakan, kelayakan program studi yang dipimpinnya saat ini antara lain diukur dari sumber daya dosennya yang 40 persen sudah berkualifikasi doktor (S3).


Setengah dari jumlah dosen yang ada saat ini sudah berpangkat lektor kepala, dan 70 persen sudah tersertifikasi, ungkap Andi Luhur kepada wartawan, di Makassar, Kamis, 03 Agustus 2017.


Pendukung lainnya, yaitu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berjalan dengan lancar, pengembangan kerjasama internasional juga tetap berjalan, antara lain pertukaran dosen dan mahasiswa pada beberapa negara, serta mengikutkan mahasiswa dalam kegiatan lomba tingkat nasional maupun internasional.


Luhur mengatakan, Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, pada beberapa kesempatan mengemukakan harapannya agar pada tahun 2018, Unismuh Makassar sudah bisa terakreditasi A secara institusi.


Untuk bisa mendapatkan Akreditasi A secara institusi, maka minimal 30 persen prodi yang dikelola oleh universitas telah terakreditasi A. Artinya, dari 40 program studi yang ada di Unismuh, minimal 12 prodinya harus terakreditasi A.


Inilah yang mendorong kami untuk mempercepat re-akreditasi prodi Ilmu Pemerintahan
, tutur Luhur. (nas/win)