PEMIKIRAN PENDIDIKAN MULLA SHADRA

ABSTRAK

Perkembangan pemikiran Islam di dunia semakin berkembang pesat. Salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam pemikiran pendidikan Islah adalah Mullah Shadra. Shadr Al-Muta’allihin atau Mulla Shadra terkenal dengan pemikiran pendidikannya atau yang populer disebut filsafat Al-Hikmah Al Muta’aliyah (Filsafat Transendental).

Jenis penelitian ini adalah penelitian pustakan, yaitu mengkaji tulisan-tulisan Mulla Shadra yang berkaitan dengan pemikiran pendidikan islam.

Secara ontologis, pemikiran dan analisis Mulla Shadra didasarkan pada tiga hal, yaitu: Pertama, Ashalah al-wujud (prinsipianitas eksistensi) Seperti filosof-filosof muslim sebelumnya, Shadra berusaha menjawab masalah mahiyyah (kuiditas/esensi), dan wujud (eksistensi). Perbandingan antara eksistensi-esensi Shadra menyatakan eksistensi bersifat positif, pasti, tertentu dan nyata. Kedua, Tasykik (gradasi wujud) Jika para filosof peripatetik itu menganggap wujud setiap benda berbeda dari wujud yang lain, walaupun prinsipial dalam hubungannya dengan mahiyah, maka bagi Mulla Shadra wujud adalah realitas tunggal yang muncul dalam gradasi (tahap) yang berbeda. Ketiga, Gerak Substansial (al-harokhah al-jauhariyyah)Mulla Shadra berpendapat bahwa gerak tidak hanya terjadi pada empat kategori aksiden: kuantitas, kualitas, posisi dan tempat. Akan tetapi gerak juga terjadi pada substansi. Selengkapnya...

Berita Populer


Unismuh Terjunkan 1.500 Mahasiswa ke Maros dan Pangkep
16:31 WITA, 16 Februari 2017
dibaca 28 kali


IMM Kedokteran Unismuh Sumbang 30 Kantong Darah
09:08 WITA, 13 Februari 2017
dibaca 30 kali




LKIM Pena Unismuh Gelar Diklat Ilmiah XI
14:44 WITA, 11 Februari 2017
dibaca 24 kali

Tanamkan Nilai-nilai Karakter pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia
12:16 WITA, 08 Februari 2017
dibaca 35 kali

IKA Manajemen Unismuh Makassar Terbentuk
08:27 WITA, 07 Februari 2017
dibaca 30 kali

Aktivis IMM Unismuh Dirikan TK di Enrekang
08:29 WITA, 01 Februari 2017
dibaca 119 kali